Benyamin Biang Kerok Diprotes Keras Komunitas Betawi

shares

InfoinNews.com - Film terbaru Reza Rahadian, Benyamin Biang Kerok mendapatkan protes keras dari Komunitas Betawi.

Film yang dibuat oleh Hanung Bramantyo ini dianggap hanya sekedar memanfaatkan nama besar seniman Betawi, Benyamin Sueb.

Benyamin Biang Kerok Diprotes Keras Komunitas Betawi

Komunitas Perkumpulan Betawi Kita mengatakan bila film yang menggunakan judul film Benyamin itu tak serius di dalam menggarap cerita.

"Namanya Benyamin Biang Kerok, pasti membayangkan bagaimana Benyamin membuat karakter Pengki, dengan kejahilan tapi tetap bikin merasa bahagia, tukang onar yang lucu dan jenaka," ungkap Fadjriah seperti disalin dari laman CNN.

"Benyamin itu dulu mendobrak sistem yang tabu dan hasilnya pembaruan, konsepnya pembaruan. Dan spirit itu tidak tampak dalam film yang baru," lanjut Fadjriah.

Di dalam pernyataan resmi mereka, film tersebut dianggap tak memiliki pikiran di dalamnya.

"Semua asal comot. Memang benar Benyamin juga asal comot, tetapi beda asal comot dengan kreativitas dibanding asal comot yang tanpa pikiran," tulis pernyataan itu.

"Benar dengan film ini nama Benyamin menjadi naik dan dibicarakan lagi, tapi buat apa jika dinaikkan untuk dipermalukan. Buat apa jika dibicarakan untuk jadi bahan dikasihani nasibnya yang dilecehkan," lanjutnya.

Ditambah lagi mengenai pesan dari keluarga Benyamin yang diabaikan dalam menghindari rokok, minuman keras, dan pusar di dalam film.

"Betawi hanya tempelan, kayak cuma lagu Ondel-ondel dan terus munculin kerak telor. Terus Babe [Benyamin Sueb] enggak pernah mau ada rokok atau minuman bir di filmnya, itu pun sudah pesan keluarga. Keluarga kasih pakem, tapi semua dilanggar," sambung Fadjriah.

Related Posts