Entri yang Diunggulkan

Jadi Barang Bukti, Akun Instagram Ahmad Dhani Disita Polisi

Diberi Pertanyaan Sulit oleh Jenderal Tito Karnavian, Ini Jawaban Mengesankan Ustaz Abdul Somad

InfoinNews.com - Kapolri, Jenderal Pol Tito Karnavian turut hadir di dalam ceramah Ustaz Abdul Somad di Bogor.

Tak hanya mendengarkan ceramah saja, Kapolri pun mempunyai kesempatan untuk bisa bertanya langsung kepada beliau.

Diberi Pertanyaan Sulit oleh Jenderal Tito Karnavian, Ini Jawaban Mengesankan Ustaz Abdul Somad

"Apakah kemungkinan konflik seperti di Suriah, Afganistan itu bisa terjadi di Indonesia, bagaimana kita bisa mencegahnya, bagaimana kira-kira khususnya, Kepolisian dapat mencegah itu," tukas Tito disalin dari laman CNNIndonesia.

Menjawab pertanyaan tersebut, Ustaz Abdul Somad menjelaskan bahwa segalanya bisa saja terjadi. Namun, di dalam Al-qur'an telah dijelaskan kalau harus mengedepankan tabayyun.

"Kalau datang orang bawa satu berita, klarifikasi, oleh sebab itu yang selalu membuat kita tidak baik adalah komunikasi yang tidak baik," terang Somad.

Baca juga: (Pernah 'Diberhentikan' Jokowi, Rizal Ramli Mendadak Deklarasikan Dirinya sendiri jadi Capres 2019)

Ia melanjutkan bahwa setiap percikan api muncul, aparat harus bisa cepat memadamkan supaya tidak berkobar.

"Alhamdulillah saat ini kita bisa duduk bersama, jika ada percikan maka cepat diselesaikan. Salah satu yang kita lakukan adalah tabbayun," pungkasnya.

Ustaz Somad menerangkan juga bahwa kepastian hukum untuk bisa dengan tepat dipastikan agar tak ada keraguan.

"Banyak yang bertanya kepada saya melalui pesan WA es itu ditangkap, es tu dibiarkan. Ini mesti ada penjelaskan dari Mabes, kalau dijelaskan dengan seksama, sehingga tidak ada pihak ketiga merusak hubungan," ucapnya.

Baca juga: (Prihatin banyak Hoax, Sandiaga: Contohlah Pilkada DKI yang Berlangsung Damai)

Ia turut menyatakan bahwa Indonesia punya keunikan yang tak dipunyai oleh negara-negara lain, bahkan Arab Saudi sekalipun.

"Kalau ini kita jaga dan pelihara, azab tidak akan turun kalau "Muhammad" ada di tengah kalian. Dan musibah tidak akan ada selama kita bertistigfar," ujarnya.

Ustaz Abdul Somad pun mengingatkan untuk umat muslim supaya bisa melakukan klarifikasi terlebih dahulu sebelum menerima informasi.

"Jangan suka menyebarkan hoaks, karena nanti orang yang suka menyebarkan hoaks walaupun amalnya baik, nanti dia akan masuk dalam surga, surganya juga hoaks," tutup Somad.