Minta Gubernur Dipilih Langsung oleh Presiden, Jawaban Menteri Jokowi ini Bikin Tommy Soeharto 'Meringis'

shares

InfoinNews.com - Mendagri, Tjahjo Kumolo mengungkapkan rasa tidak setujunya dengan usulan dari Ketum Partai Berkarya, Tommy Soeharto mengenai usulan Gubernur dipilih langsung oleh Presiden.

Tjahjo menjelaskan bahwa Gubernur dipilih secara langsung oleh rakyat merupakan sebuah proses demokrasi untuk kedaulatan rakyat.

Minta Gubernur Dipilih Langsung oleh Presiden, Jawaban Menteri Jokowi ini Bikin Tommy Soeharto 'Meringis'

"Saya secara pribadi kok tidak setuju, karena ini proses kedaulatan rakyat. Pemilihan kepala desa pun dipilih langsung oleh rakyat, pemilihan presiden pun dipilih oleh rakyat. Sehingga memilih kepala daerah yang amanah, kepala daerah yang dipahami oleh masyarakat pemilih," tegas Tjahjo disalin dari laman Detik.

Baca juga: (Bak Disambar Petir, Fadli Zon 'Melongo' usai Ketua KPK Ucapkan Kalimat Menggetarkan ini)

Tjahjo menganggap bahwa alasan dari pemilihan Gubernur oleh Presiden karena terdapat kasus korupsi Kepala Daerah bukanlah hal yang tepat.

Hal tersebut lantaran korupsi berasal dari perilaku, bukan dari sistem pemilihan yang ada.

Baca juga: (Kabar Hoax Menjamur, Habib Rizieq Titip Pesan, Isinya Bikin Hati Berpikir: 'Benar juga ya')

"Kalau masih dianggap proses ini dianggap ada hal-hal yang dianggap kurang memenuhi harapan misalnya masih ada OTT (operasi tangkap tangan) korupsi, bukan sistemnya yang salah tapi perilaku, budaya yang harus diluruskan oleh aturan-aturan," tukas Tjahjo.

Related Posts