Wujud Nyata Kesuksesan Jokowi, Tinggal 4 Persen Populasi Indonesia belum Nikmati Listrik

shares

InfoinNews.com - Wilayah pelosok Indonesia kini sudah tak lagi gelap gulita saat malam hari karena tidak ada lampu penerangan.

Pemerataan listrik dari sabang sampai merauke terus dilakukan oleh pemerintahan Presiden Jokowi hingga daerah terdepat, terluar dan tertinggal Indonesia.

Wujud Nyata Kesuksesan Jokowi, Tinggal 4 Persen Populasi Indonesia belum Nikmati Listrik

Adapun pemerataan tersebut juga disertai dengan tarif listrik yang terjangkau oleh masyarakat. Pemerintah juga menegaskan bahwa semua tarif listrik untuk seluruh golongan tak akan mengalami perubahan hingga 2019 mendatang.

Pemerintah pun berani memasang target 99,9% tingkat rasio elektrifikasi hingga tahun depan, atau akhir masa jabatan presiden.

Menteri ESDM, Ignasius Jonan menjelaskan kalau 2.500 desa yang belum mendapatkan listrik hanya tinggal 4 persen saja dari total populasi yang ada di Indonesia.

Ia menjelaskan lebih lanjut bahwa rasio elektrifikasi tak sepenuhnya menjadi beban dari PLN. Pemerintah turut membantu penerangan sebanyak 400.000 rumah lewat Teknologi Panel Surya atau Home Solar System.

Lewat teknologi itu, masyarakat tak perlu lagi iuran untuk membayar lampu teplok ataupun genset.

"Pesan bapak Presiden energi harus pakai sila kelima, berkeadilan sosial. Tahun-tahun lalu, pemerintah fokus ke produsen, sekarang ke konsumen," tegas Jonan disalin dari laman BeritaSatu.

Related Posts