Inilah 4 Fakta Mengejutkan Soal Pertemuan Anies dan Erdogan yang Berhasil Dibongkar Netizen

shares

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melakukan kunjungan ke luar negeri untuk pertama kalinya sejak menjabat di Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

Sejak Senin (16/4/2018) sampai Senin pekan depan (24/4/2018), dia mengunjungi Casablanca di Maroko dan Istanbul di Turki.

Kunjungan tersebut merupakan undangan dari masing-masing wali kota.

Namun, kegiatan yang berkesan karena ada di luar jadwal kegiatan adalah pertemuan dengan Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan.

Melansir dari Kompas.com, berrikut 4 hal yang menarik dari pertemuan Anies dan Erdogan hingga viral di media sosial.

1. Disebutnya Terjadi kebetulan

Anies sebenarnya tidak pernah menceritakan detail bagaimana dia bisa bertemu dengan Erdogan.

Apakah kebetulan mendatangi tempat yang sama atau ada pada kegiatan yang sama.

Namun, Anies menyiratkan semua momen pertemuannya dengan Erdogan terjadi secara kebetulan.

"Sebuah kebetulan bahwa di sana dan saya ikut juga ditarik beliau. Dia tarik tangan saya 'yuk ikut masuk ke dalam shalat sama-sama. Setelah itu ada zikir, beliau tarik tangan saya juga dan duduk disampingnya," ujar Anies di Balai Kota DKI Jakarta, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (24/4/2018).

Anies bercerita, dia menunaikan shalat Jumat bersama-sama Erdogan.

Setelah itu, dia dan Presiden Erdogan masuk ke ruang kecil dekat makam sahabat Rasulullah SAW, yaitu Abu Ayyub al-Anshari, yang berada di kompleks masjid tersebut untuk berzikir dan membaca Al Quran bersama.

b

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan. Foto tersebut diposting Anies di akun Instagram-nya, @aniesbaswedan. Foto di-capture dari akun Instagram Anies, Minggu (22/4/2018).

2. Ditarik Erdogan dan diajak bersebelahan

Selama bertemu Erdogan, Anies hampir selalu bersebelahan.

Anies shalat pada shaf paling depan bersebelahan dengan Erdogan. Tepatnya, dia diapit oleh Presiden Erdogan, dan Menteri Energi Berat Albayrak.

Saat berada di ruang kecil dekat makam Abu Ayyub al-Anshari, Anies kembali duduk di samping Erdogan. Dia menuliskan pengalaman itu di akun instagram-nya @aniesbaswedan.

"Di ruangan itu hanya ada sekitar 20 orang. Presiden Erdogan berada di tengah dan saya duduk di sampingnya," tulis Anies seperti dikutip Kompas.com.

Presiden Erdogan membaca Surat Yaasiin diikuti Anies dan yang lainnya.

Beberapa orang imam di ruangan tersebut kemudian melantunkan ayat suci Al Quran secara bergantian selama hampir 1 jam.

Anies menggambarkan momen itu berlangsung sangat sakral, khusyuk, dan juga privat.

"Prosesnya memang di sana itu sesuatu yang privat. Dan yang saya baru tahu kemudian kalau Presiden Erdogan memang jarang sekali melakukan itu," kata Anies.

3. Cium botol berisi janggut Rasulullah SAW

Hal berkesan lainnya adalah Anies berkesempatan mencium botol berisi janggut Rasulullah SAW saat bersama Erdogan. Anies awalnya belum tahu apa isi botol itu.

Dia hanya melihat saat ayat suci Al Quran dilantunkan, seorang imam menunjukkan sebuah barang yang dibungkus lebih dari 10 lapis kain berwarna hijau dan putih.

"Ternyata yang dibungkus itu adalah sebuah botol kecil yang kacanya amat bening dan di dalamnya terlihat sehelai rambut," kata Anies lewat instagramnya.

Botol itu kemudian diletakkan di meja kecil di depan Presiden Erdogan.

Setelah pembacaan ayat Al-Quran selesai, Erdogan mencium botol itu.

Erdogan memberikan botol itu kepada Anies.

Anies mengikuti jejak Erdogan dan menciumnya.

"Semua masih hening, suasananya menggetarkan. Bulu kuduk terasa berdiri; apapun sebabnya tapi faktanya adalah terasa merinding," kata Anies.

Ternyata, sehelai rambut  di dalam botol itu ternyata janggut Rasulullah SAW.

"Tahukah apa isinya? Botol yang bening itu menyimpan sehelai rambut dari janggut Rasulullah SAW. Siang itu, kami berdua yang berkesempatan untuk menciumnya," kata dia.

4. Netizen Ungkap yang sebenarnya hingga heboh di Media Sosial

Bekakangan beredar klip yang memperlihatkan pertemuan antara Erdogan dan Anies Baswedan itu di media sosial.

Dilansir dari akun Instagram gosip @maklambeturah, pertemuan antara mereka adalah kebetulan saja.

Konon disebutkannya, bahwa kebiasaan Erdogan menyapa warganya saat di hari Jumat sepulang Shalat.

Berikut videonya:



Dari video yang diunggahnya tampk Anies Baswedan tertangkap kamera menunggu kedatangan Erdogan di tempat kerumunan warga yang juga menunggu Erdogan.

Disebutkan bahwa itu adalah hari Jumat, dan seperti biasa Erdogan memiliki kebiasaan menyapa warga di masjid tempat ia akan menunaikan shalat Jumat.

"Jadi, Anies Baswedan sama sekali tidak mendapatkan perlakuan apa-apa, melainkan Anies Baswedan hanya merupakan bagian dari kerumunan orang yang ingin bertemu, bersalaman, dan sekadar menyapa Erdogan."

Berbagai komentar pun dibanjiri netizen. Ada yang pro dan kontra.

Banyak juga komentar netizen yang menyudutkan Anies yang seolah-olah petemuan itu adalah sebagai pertemuan yang sangat penting.

Sedangkan di akun media sosial Facebook atas nama akun Salman Faris turut membagikan video salaman Anies dan Erdogan ini.

Berikut Videonya:



“Di medsos pak Anies terlalu mendramatisir, kesannya biar dianggep dan hebat gimana gt… padahal y biasa aja sih, malah pak Anies yg nyambut… hahahah. Kasian tuh warga Jakarta, masalah tanah abang sampe kunker keluar negeri.. ngabisin anggaran aja ckckck,” tulis pemilik akun FB Bang Samrake.

“Oh…jauh juga k turki, hanya utk nyegat bersalaman. Ya udah,” tulis Kas Pur.

Sebelumnya Gubernur DKI Anies Baswedan melakukan kunjungan ke Turki. Dalam kunjungannya tersebut dia menceritakan dirinya langsung disambut dan berbincang dengan Presiden Recep Tayyip Erdogan. TR
Selesai shalat Jumat, kami berjalan masuk ke ruang kecil dekat Makam Abu Ayyub al-Anshari. Di ruangan itu hanya ada sekitar 20 orang. Presiden Erdogan berada di tengah dan saya duduk di sampingnya. . Di ruang kecil itu, kami duduk dengan tenang dan khusyuk. Lalu Presiden Erdogan memulai dengan membaca Surat Yaasiin dan kami ikut membaca. Setelah itu beberapa orang imam di ruangan melantunkan ayat suci Al-Quran secara bergantian selama hampir satu jam. . Sembari para imam dan qari’ melantukan ayat-ayat suci, seorang imam menunjukkan suatu barang yang dibungkus kain berlapis. Saya perhatikan ada lebih dari 10 lapis kain berwarna hijau dan putih yang dipakai sebagai pembungkus. . Ternyata yang dibungkus itu adalah sebuah botol kecil yang kacanya amat bening dan di dalamnya terlihat sehelai rambut. Botol itu kemudian diletakkan di meja kecil depan Presiden Erdogan, persis di samping tempat saya duduk. . Setelah rangkaian pembacaan Al-Quran itu berakhir, seorang Imam memimpin doa yang diamini oleh semua dan dipungkasi dengan Presiden Erdogan melantunkan Al-Fathihah & beberapa ayat pembuka Al-Baqarah sebagai penanda bahwa dzikir selesai. . Presiden Erdogan lalu memegang botol itu dan menciumnya. Kemudian ia berikan botol itu pada saya. Saya pun menciumnya. Semua masih hening, suasananya menggetarkan. Bulu kuduk terasa berdiri; apapun sebabnya tapi faktanya adalah terasa merinding. . Tahukah apa isinya? Botol yang bening itu menyimpan sehelai rambut dari janggut Rasulullah SAW. Siang itu, kami berdua yang berkesempatan untuk menciumnya. . Sebuah pengalaman luar biasa. Itu semua terjadi tanpa direncanakan; Allah Sang Maha Pengatur mentakdirkan semua itu terjadi di sebuah masjid yang dekat dengan sejarah perjuangan, Masjid Eyup Sultan. . Fabiayyi ‘aalaa’i rabbikumaa tukadzdzibaan... . Atas kebaikan Dubes Turki untuk Indonesia, HE Mehmed Kadri Sander Gurbuz, momen tak terlupakan ini beliau abadikan gambarnya, tepat setelah selesai dzikir. . *ABW
A post shared by Anies Baswedan (@aniesbaswedan) on

Related Posts